Kamis, 27 Maret 2014

Teknik bermain Gitar Bass

Teknik dasar belajar bermain bass untuk pemula
Nah sekarang kita akan membahas tentang Teknik dasar bermain bass untuk pemula. Sebelum bermain gitar bass, sebaiknya Sobat mengetahui terlebih dahulu apa saja bagian-bagian dari tubuh sebuah gitar bass. Ini penting agar pada tahap selanjutnya  akan semakin mudah dalam memainkan sebuah gitar.

Tak kenal maka tak sayang. Demikian juga dalam memainkan sebuah gitar bass, Sobat Gitar Gaul harus terlebih dahulu mengenal anatominya. Mengapa? ya karena bagaimana mau menggunakannya kalau kita tidak tahu nama dan fungsi dari bagian-bagian gitar bass tersebut.

Gitar terdiri dari dua bentuk, yaitu gitar biasa (akustik) dan gitar elektrik. Perbedaan mendasar diantara keduanya adalah ada tidaknya komponen elektronik yang dijalankan oleh listrik. Walaupun bass akustik ada, namun mayoritas bass lebih sering ditemui dioperasikan secara elektronis atau listrik serta memerlukan ampli untuk memperkuat suaranya.

Bass adalah alat musik yang menggunakan dawai atau senar sebagai sumber suaranya. Umumnya memiliki empat senar, yaitu senar E yang paling rendah, senar A, senar D dan senar G yang paling tinggi. Susunan senar pada bass (4senar) juga dimulai dari senar 6=E, 5=A, 4=D, dan 3=G. Demikian pula dalam penulisannya dalam tablature, bass hanya menggunakan 4 garis yang mewakili senar-senar tersebut. Namun pada aliran-aliran seperti jazz, funk, dan progressive, bass memiliki senar lebih dari empat. Bass akan selalu mengikuti pola irama drum sehingga membentuk groove.

Sekarang dikenalkan tentang bagaimana senar dan fret ditandai. Senar ditandai dari yang paling tipis ke yang paling tebal, artinya senar 1 itu adalah senar yang paling tipis, begitu juga sebaliknya senar 6 adalah senar yang paling tebal. Tuning standar gitar e-B-G-D-A-E diurut dari senar 1-e (paling tipis) ke senar 2-B sampai senar 6-E (paling tebal). Fret ditandai dari ujung kepala sampai body. fret 0 artinya senar lepas atau tidak ditekan sedangkan fret 1 adalah kotak 1, fret 2 adalah kotak 2 dan seterusnya tergantung panjang neck/leher gitar.

Bass dimainkan dengan cara yang hampir sama dengan gitar, yaitu dipetik. Teknik memainkan bass yang lain seperti slapping (memukul), membetot atau menstrumming bass juga dilakukan oleh pemain yang sudah tergolong mahir.

Sementara pada lagu-lagu jazz, bass sering dianggap sebagai motor penggerak lagu dan penentu warna lagu yang ingin ditampilkan. Mengingat juga bahwa jazz selalu menggunakan chord-chord yang rumit dan mengandalkan improvasi perorangan, permainan bass dituntut lebih handal dalam banyak hal.
Ada beberapa macam teknik dalam bermain bass antara lain sebagai berikut:

1. Alternate Picking
Biasanya Bassist banyak menggunakan teknik ini dalam bermain bass. Alternate picking sebenarnya adalah teknik dasar dalam bermain bass. Caranya: memetik bass dengan menggunakan dua jari secara bergantian, umumnya sih pake jari telunjuk dan jari tengah.

2. Up Down Thumb
Teknik Up Down Thumb ini Sobat Gitar Gaul harus menggunakan sebagai pick, sementara  keempat jari-jari yang lain dipakai untuk memetik, mirip seperti bermain gitar. Jika  biasanya kita menggunakan telunjuk dan jari tengah untuk metik bass (alternate picking) maka dalam teknik ini kita ganti dengan jempol.

3. Slapping
Teknik menampar pada bass. Jadi memainkan bass dengan cara memukul bass dengan jempol atau telapak tangan, dan bunyi yang dihasilkan jadi kayak perkusi gitu. Si om Flea bassistnya Red Hot Chilli Peppers yang biasanya suka pake teknik ini.

4. Popping
Teknik Popping adalah menarik senar dengan jari lalu dilepas lagi hingga beradu dengan fret, sehingga menghasilkan suaranya nyaring seperti  dua benda yang diadu. Biasanya kita bisa menggabungkan teknik slapping dan popping sehingga menghasilkan kombinasi suaranya yang unik. Ada juga teknik popping dengan menarik dua senar sekaligus yang disebut double pluck.

5. Tapping
Tapping biasa digunakan pada gitar, namun pada bass juga bisa digunakn teknik ini. Caranya: tekan senar dengan ujung jari ke fret bass lalu geser sedikit jari kayak lagi mencolek.


6. Neck Bending
Tekni Neck Bending bisa kita lakukan ketika memetik, tekan senar yang ada pada headstock (pada ujung bass yang biasanya tempat kita menyetem). Teknik ini akan menghasilkan bunyi seperti mendengung.

7. Strumming Technique
Teknik Strumming dibagi menjadi beberapa bagian yaitu:
  • Alternate Picking: teknik ini biasa disebut fingering yaitu teknik ini sangat sering dimainkan oleh semua bassist dan termasuk hal yang mendasar dalam bermain bass yaitu dengan cara memetik bass dengan dua jari atau sampe 4 jari secara bergantian.
  • Up Down Thumb, teknik strumming ini biasanya menggunakan jempol untuk memetik string bass. Teknik ini biasanya sering dimainkan oleh Thomas Gigi, Victor Wooten، dll.
  • Slaping dan Poping, teknik Slap adalah cara memainkan bass dengan cara jempol seperti menampar string bass. Jika anda sering mendengarkan lagu - lagu dari Red Hot Chili papper mungkin anda akan kenal dengan teknik ini. Popping adalah teknik bermain bass dengan cara menarik string lalu melepaskannya dengan cepat sehingga string beradu dengan fret. Teknik Poping ini biasanya sering dikombinasikan dengan slap untuk mendapatkan karakter suara bass yang unik. Teknik Slap dan Pop ini biasanya digunakan untuk aliran musik Funky, Jazz, Blues, Rock dan lainnya.

8.Scale Technique

Teknik Scale, Seperti halnya pada gitar, gitar bass memiliki scale dasar untuk melodi lagu, yaitu scale dasar Mayor dan scale dasar Minor.Perbedaan dari Scale Mayor dan Minor adalah pada nada ke 3 (Mi) dan nada ke 6 (La) nadanya direndahkan 1/2 nada atau diturunkan 1 fret. Berikut contoh perbedaannya:

Susunan nada Mayor:

Do     Re     Mi     Fa    Sol     La     Si     Do'
     1        1      1/2     1       1       1       1/2

Susunan nada Minor:

Do     Re     Mi     Fa    Sol     La     Si     Do'
     1        1/2      1     1       1/2       1       1


  • Scale Dasar C Mayor, C-D-E-F-G-A-B-C'
          --------------------2--4--5-                   -----------------------4--5-
          ---------2--3--5------------       atau       ------------3--5---7--------       dan lainnya
          --3--5----------------------                      --3--5--7-------------------

          -----------------------------                    -----------------------------

  • Scale Dasar C Minor, C-D-D#-F-G-G#-A#-C'

          -----------------------3--5-                   ------------------------------------
          ------------3--5---6--------       atau       ----------------------------8--10-       dan lainnya
          --3--5--6-------------------                      --------------8--10--11---------

          -----------------------------                    ---8--10--11---------------------

9. Chord Technique


Teknik Chord dibagi menjadi 2 jenis yaitu Mayor dan Minor. Pijakan Chord Mayor ataupun Minor nadanya diambil pada tangga nada diatonis, yang berfungsi sebagai penanda pijakan/langkah chord Mayor. Nada yang diambil sebagai pijakan adalah nada 1 (Do), nada 3 (Mi) dan nada ke 5 (Sol) yang membedakan dari Mayor dengan Minor yaitu di nada ke 3 (Mi) yang Minor lebih rendah 1 fret dari Mayor berikut contoh tablaturnya:

  • Chord Dasar C Mayor, C-E-G
          ---------------                   -------------
          ------2---5---       atau      -------------      dan lainnya
          --3-----------                    --3--7--10--

          --------------                    -------------

  • Chord Dasar C Minor, C-D#-G

          ---------------                   -------------
          ----------5---       atau      -------------      dan lainnya
          --3--6--------                    --3--6--10--

          --------------                    -------------


Semoga bermanfaat ^_^

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites